Selasa, Mei 8

Pesan Belajar dari Pak Gatot Direktur SEAMOLEC

 

Dear all, Utk menjadi pertimbangan..dan pemikiran kita..kalau mnrt saya utk mengenal dan memperdalam suatu rumusan matematika , harus banyak latihan, agar mengerti pamakaian rumus itu utk menyelesaikan masalah apa saja...belajar berkelompok dan membahas dan menciptakan sola yg terkait dengan teori tsb dan kondoisi di sekitar kita, utk hal2 yg sederhana, akan membuat siswa/mhs mendalami teori tsb...mnrt pengalaman pribadi belajar matematika di ITB...
Banyak latihan akan pelan2 mengerti pemanfaatan suatu teori dan pemrosesan suatuu persamaan ..yg hrs di carikan solusinya..
Setahu saya, anak2 kita yg belajar matematika di indonesia , bila pindah negara, relatif lebih unggul drpad teman2 sebayanya di negara tsb, tapi bgt di minta menceritakan kembali suatu bab dgn bhs nya sendiri, kecenderungan fotografi..apal mati apa yg ada dlm text..kelemahan kita adalah mengemukakan pendapat dengan runtut dgn bhs nya sendiri..tidak terlatih...
Salah satu penyebabnya , ratio guru dgn siswa..di jerman 1 :15 -20....di kita 1 : 32 /40 bahkan ada yg sampai 50 ..sehingga sentuhan guru kurang...tapi secara nasional ratio guru kita thd siswa cukup tinggi...
Mengutip saran prof wijayono alm. : "belajar itu dengan mengajar , mengertinya lebih cepat"
Pola sharing kakak kelas di beri waktu utk mengajari atau tutoring adik kelasnya akan lebih cepat mengerti penguasaan materi, kmdn belajar berkelompok..ini juga akan mempercepat mengertinya suatu persamaan dan pemecahannya..

Selamat berkarya utk perbAikan yg terus menerus.. Kita ini bangsa besar yg perlu saling sharing dan perbaikan terus menerus..
Utk bersaing maupun bercolaborasi dengan nEgara tetangga..
Gatothp/seamOmolec

Tidak ada komentar: